Kupas Tuntas Fakta Tentang Gaza

fakta tentang gaza

Kupas Tuntas Fakta Tentang Gaza

 

Gaza, suatu nama yang menimbulkan banyak simpati publik saat ini. Bagaimana tidak? Gaza menjadi sasaran empuk Israel untuk menguasai Palestina. Banyak roket-roket dan hujan senjata lainnya yang ditujukan ke daerah ini. Perlawanan diri menjadi alasan bangsa Yahudi ini, tetapi bagaimana mungkin disebut perlawanan diri jika Gaza sendiri tidak pernah memulai peperangan yang sengit ini? Dukungan dari sesama negara muslim maupun non muslim pun mulai berdatangan, rasa menolong sesama manusia di dunia menjadi alasannya. Mungkin anda sudah sering dengar slogan akhir-akhir ini yang terkenal yaitu “Save Gaza, Save Humanity” dengan dilatari burung merpati yang menggigit bendera Palestina. Karena serangan Israel memang sudah tidak berperikemanusiaan lagi dan harus dihentikan. Apakah anda tahu mengapa Israel sangat gencar menyerang Gaza? Berikut adalah fakta tentang Gaza yang menarik untuk anda ketahui.

Fakta tentang Gaza

Inilah fakta tentang Gaza yang pertama. Fokus penyerangan adalah jalur Gaza. Jalur Gaza adalah bagian sempit tanah yang membentang sepanjang Laut Mediterania, dibatasi oleh Israel di sebelah timur dan utara, dan Mesir pada barat daya. Ini ukuran sekitar 25 mil, atau 41 kilometer, panjang, sementara lebar adalah antara 4 sampai 7,5 mil, atau 6 sampai 12 kilometer. Daerah ini mendapatkan namanya dari kota utamanya, Gaza. Perbatasannya yang unik ini tentu saja jalur ini menjadi jalur strategis untuk sektor apapun. Jalan-jalan di banyak jalur Gaza dikendalikan oleh kelompok militan. Sebuah pagar besi dibangun oleh Israel memisahkan jalur ini dengan Israel, yang dijaga oleh pasukan Israel. Untuk mencegah penyelundupan dan kontrol lalu lintas, Israel tertarik untuk menjaga kontrol Rute Philadelphi, yang merupakan daerah yang perbatasan Gaza dan Mesir, setelah penarikan pada tahun 2005. Namun, tekanan internasional mengakibatkan Israel meninggalkan jalur tersebut dan menyerahkan ke Mesir tanggung jawab pengelolaan perbatasan. Perbatasan Rafah yang melintasi ke Mesir dikelola oleh pasukan Palestina di bawah pengawasan pejabat Uni Eropa. Menurut kesepakatan yang ditengahi AS, Israel diperbolehkan untuk menggunakan video surveillance di daerah tersebut, tetapi tidak memiliki hak untuk mencegah orang dari persimpangan.

Fakta tentang Gaza yang berikutnya mungkin akan sedikit mengejutkan anda. Penduduk Gaza yang mencapai 1,7 juta jiwa itu ternyata sangat siap menghadapi peperangan dengan Israel, karena mati syahid bagi mereka adalah cara tersingkat dan terbaik untuk mendapatkan syurga-Nya. Oleh karena itu setiap malam mereka terjaga waspada akan roket yang dijatuhkan Israel, terus beribadah dan mengharapkan ibadah itu menjadi penutup hidupnya. Mereka tidak bersembunyi atau lari ketakutan, mereka sangat siap mati syahid seperti Ahmad Ja’bary komandan Al-Qossam (Insya Allah). Dengan jiwa yang membara seperti itu akankah mereka kalah terhadap zionis Israel. Justru warna Israel lah yang ketakutan setiap malamnya terhadap serangan balasan dari warga HAMAS.

Fakta tentang Gaza yang berikutnya adalah anak-anak Gaza yang ada disana. Mereka bukanlah anak-anak biasa. Tidak mengenal video games maupun mainan pada umumnya. Setiap hari mereka disibukkan dengan menghafal Al-Quran. Mereka yakin akan pertolongan Allah, dan dengan sisi rohani yang terus diperdalam mereka yakin bahwa hidup mereka akan lebih baik. Sudah banyak sekali penghapal Al-Quran di daerah Gaza ini sungguh malu melihat bangsa sendiri, dimana tidak dalam kondisi perang namun kesadaran akan menghafal Quran juga tidak banyak.

Fakta tentang Gaza yang akan ditulis disini sebagai penutup adalah anak-anak maupun orang tua disana sudah tidak asing, jika mereka pergi ke sekolah atau kantornya teman sekolah atau teman kantornya sudah dinyatakan mati syahid. Kejadian seperti itu sungguh jarang terjadi di negara manapun.

Semoga Allah selalu berkenan melindungi Gaza. Aamiin.

8 Tanggapan

  1. subhanalloh…semoga selalu dalam LINDUNGAN ALLOH SWT

  2. subhanallah…

  3. save gaza..HEAL THE WORLD..
    and you’re not alone GAZA…
    AND PEACE FOR PEOPLE IN THE WORLD..

  4. jika mayarakat gaza yang dengan kondisi diserang tetep bermujahadah kuat,,bagaimana dengan kita yg (aman) untuk memperjuangkan agama kita.

  5. indonesia belum tentu kuat seperti gaza, jika gaza di kasih roket..kalau indonesia mungkin hanya di kasih kroket bisa hancur lebur moral dan keyakinannya

  6. marilah kita berlmba-lomba mnghafal al qur’an dan mengamalkannya dalm hidup kita

  7. Sangatlah malu rasanya jika di indonesia dlm keadaan tnang ini tdk bisa menyempatkan mnghafalkan al-qur’an,, dan tdk bisa mnghfal al-qur’an,,

  8. Allahuakbar…. Kalian sangat hebat Subhanallah betapa indahnya islam ada dilubuk hati kalian :’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: